Peringatan Hari Santri Nasional di MAN Kota Surabaya

PHBI

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya)-  Selasa (22/10), MAN Kota Surabaya melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati hari santri nasional tahun 2019. Berbagai kegiatan mulai dari upacara bendera, doa bersama dan istighotsah, dan lomba-lomba islami digelar untuk menyemarakkan peringatan tersebut.

Peringatan di mulai dengan pelaksanaan upacara bendera yang dimulai pukul 06.30 WIB. Bertindak sebagai pembina upacara adalah kepala madrasah, Fathorrakman. Semua civitas akademik madrasah, baik unsur siswa, guru, dan karyawan turut serta dalam upacara ini. Hal yang berbeda dengan upacara bendera yang biasa dilaksanakan  terletak pada busana petugas dan peserta upacaranya. Busana baju koko putih, peci hitam, dan sarung menjadi seragam bagi siswa putra dan bapak guru/pegawai, sedangkan untuk ibu guru/pegawai dan siswa putri berbusana blouse putih panjang, kerudung putih, dan bawahan gelap.

Selesai upacara, semua civitas menuju ke aula untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu doa bersama dan istighotsah untuk keselamatan bangsa. Dipandu oleh bapak/ibu guru, para siswa memanjatkan doa kepada Allah agar senantisana memberikan kesehatan bagi semua anggota keluarga besar madrasah dan keselamatan bagi bangsa dan negara Indonesia.  Semua peserta istoghotsah larut dalam munajat doa. Khusyuk dalam setiap lantunan doa dan berharap Allah memberkahi setiap santri di MAN Kota Surabaya. Kurang lebih satu jam kegiatan istighotsah ini berlangsung.

Usai istighotsah, para siswa masih memiliki agenda kegiatan lanjutan yaitu lomba-lomba islami. Terdapat tiga jenis lomba yang dapat diikuti oleh siswa, yaitu lomba Pemilihan Da’I Remaja (Pildare), islamic vocal grup, dan lomba foto santri unique. Bertindak sebagai panitia lomba adalah para pengurus OSIS dan pengurus ekstrakurikuler SKI MAN Kota Surabaya. Sesuai tema peringatan hari santri tahun ini yaitu Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia, panitia pun mengharuskan setiap peserta untuk menyesuaikan penampilannya dengan tema peringatan tersebut. Selamat hari santri nasional. Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia. (HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *