Pembinaan Dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Asrama Siswa Man Kota Surabaya

Event
Jum’at (16/8) berkah benar-benar terjadi di MAN Kota Surabaya. Menjadi berkah karena di hari itu Direktur KSKK Ditjen Pendis Kemenag RI berkenan mengunjungi MAN Kota Surabaya untuk melakukan pembinaan guru dan pegawai MAN Kota Surabaya dan peletakan batu pertama pembangunan asrama siswa. Turut mendampingi adalah Plt. Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur beserta jajarannya, dan Kakankemenag kota Surabaya beserta para kasi dan penyelenggara.
 
Kegiatan diawali dengan pembinaan oleh Direktur KSKS, H. A Umar. Dalam pembinaan yang bertemakan “Penguatan Kelembagaan Melalui Program SBSN dalam Pemenuhan Sarana Pembelajaran Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya” ini, H. A Umar banyak memberikan pesan bagi seluruh warga madrasah dan pejabat yang terlibat dalam pengembangan kualitas madrasah.
 
Umar menyampaikan bahwasanya madrasah harus bisa bertindak kreatif dan inovatif dalam pengembangan sumber dayanya dengan adanya program SBSN ini mereka harus bisa memanfaatkan madrasah atau MAN Kota Surabaya untuk menjadi lebih baik lagi. Selain itu dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa di era sekarang madrasah harus bisa bersaing di era teknologi namun tidak lupa dengan jati diri madrasah hebat bermartabat itu sendiri.
 
Menurut Umar, Pembangunan SBSN tahun 2019 sejumlah 125 madrasah se-Indonesia satu diantaranya adalah di MAN Kota Surabaya. Madrasah yang ada di surabaya ini membangun asrama atau ma’had bertujuan untuk membina anak-anak madrasah supaya memiliki dua hal yang pertama memiliki karakter yang bagus, memiliki akhlakul kharimah tetapi juga memiliki potensi pengembangan akademik yang bagus maka harapan kami dengan berdirinya asrama di MAN Kota Surabaya ini lebih bagus ke depan seperti madrasah-madrasah lain yang sudah memiliki asrama.
 
“Target kami inshaAllah sampai tahun 2023 ada 1000 asrama dibangun di Indonesia. Lain dari pada itu dana yang dianggarkan untuk program di MAN Kota Surabaya ini senilai 6,6 milyar. InshaAllah kita targetkan asrama ini rampung pada pertengahan bulan Desember sudah selesai. Diharapkan awal tahun sudah bisa ditempati anak-anak yang akan dibina tentu juga mempertimbangkan dua hal pertimbangan prestasi dan pertimbangan dari sisi kemampuan  anak-anak yang ditampung madrasah ini sesuai  dengan kapasitas  jumlah yang akan diterima tapi mempertimbangkan aspek kreativitas anak-anak jangan sampai ada yang tidak terakomodasi. Selain itu diharapkan asrama ini dapat menampung 200 siswa,” jelas Umar.
 
Setelah pembinaan, semua undangan bergerak menuju lahan yang akan dibangun asrama siswa. Di awali dengan pembacaan doa agar proses pembangunan dan hasilnya memberikan manfaat, direktur KSKK pun memulai prosesi peletakan batu pertama asrama diikuti jajaran kabid dan kasi dilingkungan kanwil kemenag provinsi Jawa Timur, dilanjutkan dengan kakankemenag kota Surabaya, para kasi dan penyelengggara dan diakhiri oleh Fathorrakhman, selaku kepala MAN Kota Surabaya. Semoga dengan hadirnya asrama ini dapat meningkatkan kualitas MAN Kota Surabaya. (Isna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *