MAN Kota Surabaya Sukses Selenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Uncategorized
Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) Kamis (23/3) adalah hari terakhir pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Pada tahun ini, beberapa mata pelajaran yang biasanya diujikan di Ujian Akhir Madrasah (UAM) diujikan di USBN. Sebanyak 302 siswa dari jurusan IPA, IPS, dan Keagamaan mengikuti ujian yang dilaksanakan 20 s.d 23 Maret tersebut.
“Memang ditahun ini ada perbedaan untuk pelaksanaan ujian madrasah. Di tahun sebelumnya ujian madrasah terdiri dari ujian akhir madrasah (UAM), ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) dan ditutup dengan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Untuk tahun 2017 ini, beberapa mata pelajaran yang diujikan dalam UAM diujikan di USBN. Mata pelajaran tersebut adalah PPKn, Sejarah, dan mapel fak sesuai program/jurusannya ,” kata Hasan Bisri, Wakil kepala madrasah bidang kurikulum.
“Selain itu, sistem pelaksanaan USBN pun juga berbeda dengan UAM yang berbasis kertas. USBN dilaksanakan dua sistem yaitu berbasis Komputer (BK) untuk soal jenis pilihan ganda dan berbasis kertas untuk soal jenis essai,” kata Hassan lebih lanjut.
Karena dilaksanakan berbasis komputer, maka pelaksanaan USBN di MAN Kota Surabaya diselenggarakan dalam 3 sesi yang penjadwalannya terintegrasi dengan jadwal UAMBN. Hal ini karena USBN dilaksanakan menyesuaikan jadwal UAMBN. Dengan demikian akan lebih efektif karena jeda waktu dari USBN ke UAMBN atau sebaliknya tidak terlalu lama sehingga siswa tidak dirugikan waktu. Dan sampai pelaksanaan USBN hari terakhir (hari ini, red), tidak ada kendala berarti yang menghambat jalannya USBN. Semua dapat berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *