MAN Kota Surabaya Raih Juara Bidang Bahasa Inggris dan PAI di KSM Se-Wilker Surabaya.

Akademik OSN

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-Wilayah Kerja Surabaya tahun 2020 baru saja usai diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Maliki Malang pada Sabtu (1/2) kemarin. Di ajang tersebut, MAN Kota Surabaya meraih dua prestasi yaitu juara 2 pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan harapan 1 pada mata pelajaran PAI.
Penyelenggara KSM ini adalah Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Aliyah Negeri se-Wilker Surabaya, yang terdiri atas 17 kepala madrasah negeri di wilayah kerja Surabaya. Pesertanya adalah siswa-siswi madrasah aliyah negeri ataupun swasta se-wilker Surabaya mulai kelas X, XI, dan XII. Terdapat 10 mata pelajaran yang dikompetisikan, yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, bahasa Inggris, Bahasa Arab, astronomi, geografi/kebumian, dan PAI.
Di KSM wilker ini, MAN Kota Surabaya mengirim 34 peserta untuk ikut berkompetisi di 10 mata pelajaran tersebut. Dari 34 peserta tersebut, 21 peserta dari siswa kelas XII, 9 peserta dari siswa kelas XI, dan 4 peserta dari siswa kelas X. Komposisi peserta yang dikirim menurut Mokh. Hasan Bisri selaku koordinator pembinaan siswa berprestasi/olimpiade MAN Kota Surabaya adalah untuk memfasilitasi siswa kelas XII dan untuk mengenalkan kompetisi bagi siswa kelas X.
“ Total ada 34 peserta dari MAN Kota Surabaya dan lebih banyak dari siswa kelas XII. Untuk kelas X nya paling sedikit yaitu 9 siswa karena KSM ini kami gunakan untuk pengenalan bagi siswa kelas X tersebut,” jelas Hasan. Lebih lanjut Hasan juga memaparkan perolehan prestasi pesertanya.
“ Dari 34 peserta kami, 8 peserta berhasil masuk babak final yaitu 2 siswa di mata pelajaran matematika, 1 siswa di mata pelajaran biologi, 1 siswa di mata pelajaran kimia, 1 siswa di mata pelajaran geografi, 2 siswa di mata pelajaran bahasa Inggris, dan 1 siswa di mata pelajaran PAI. Kami yakin anak-anak sudah berusaha dengan keras bahkan sejak sebulan lalu anak-anak sudah belajar dan berlatih untuk menghadapi Kompetisi ini. Dan alhamdulillah, dari 8 anak yang masuk babak final kami memperoleh dua prestasi, yaitu juara 2 pada mata pelajaran bahasa Inggris atas nama Afanina Riandiny Firstantia dan harapan 1 pada mata pelajaran PAI atas nama Ima Yuliana Sulistyawati. Semoga prestasi ini menjadi awal pembuka prestasi madrasah kami di kompetisi atau olimpiade yang lain,” harap Hasan. (HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *