MAN Kota Surabaya Raih Juara 3 di Kompetisi Robotik Madrasah 2019

Event Robotika

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – MAN Kota Surabaya berasil meraih Juara 3 di Kompetisi Robotik Madrasah 2019. Kompetisi  robotik ini diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI selama dua hari yakni pada 16-17 Nopember 2019 di Grand City Mall Surabaya.

Tim robotik MAN Kota Surabaya kali ini adalah Nur Aiza Maulidianita dan Dimas Aditya Wiranata. Menurut cerita Aiza, tidak mudah untuk menjadi salah satu peserta di kompetisi ini.

“ Kompetisi ini diikuti 30 tim dari madrasah aliyah se-Indonesia. Untuk bisa menjadi peserta, kami harus lolos babak seleksi dulu baru bisa hadir di Grand City Mall ini. Dibabak seleksi kami harus menyertakan kelengkapan robot kami yang akan dilombakan berupa video dan foto. Alhamdulillah kami lolos dan menjadi salah satu peserta di kompetisi ini, “ cerita Aiza.

Di lomba ini ada tiga kriteria yang dipertandingkan, yaitu Design and Contruction, Algoritma, dan Point. MAN Kota Surabaya sendiri berhasil meraih juara 3 di kriteria point. Setiap tim harus berkompetisi secara mandiri, jauh dari pelatih maupun pembina tim masing-masing.

“ Saat hari H, rule track berubah total. Setiap tim diharuskan memprogram robot di area perlombaan. Selama proses pemograman kami benar-benar disterilkan. Pelatih dan pembina dilarang membantu kami dalam memprogram robot. Hampir selama 8 jam setiap tim memprogram robotnya. Selama kami memprogram robot, para juri mendatangi setiap tim untuk bertanya ke setiap tim mengenai program kerja robot. Seusai diprogram, robot-robot itu dikarantina. Panitia melarang setiap peserta membawa robot itu keluar area. ,” lanjut Aiza.

“ Besoknya, robot kami diuji. Setiap robot harus bisa mendeteksi ada tidaknya objek yaitu api, magnet, dan cahaya, dan harus bisa melewati jembatan dengan sensor ultrasonik. Ini disebut kriteria point. Setiap tim harus bisa memperbesar poin dalam menyelesaikan misi. Dan di misi ini kami mendapat poin 200. Dan alhamdulillah, poin itu mampu mengantar kami meraih juara 3 di kriteria poin,” urai Aiza.

Selain menjadi juara 3, MAN Kota Surabaya masuk dalam 12 tim terbaik yang masuk grand final di Metro TV pada tanggal 30 Nopember mendatang. Semoga di grand final tersebut MAN Kota Surabaya dapat meraih prestasi yang lebih gemilang lagi. (HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *