LDKS: Wahana Pembentukan Karakter Pemimpin Organisasi Siswa di MAN Kota Surabaya

OSIS

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Jum’at (20/9), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN Kota Surabaya usai mengadakan acara Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) lapangan. Kegiatan LDKS ini merupakan rangkaian acara LDKS ruang yang telah dilaksanakan selama dua hari, Jum’at (6/9) dan Ahad (8/9) di Aula MAN Kota Surabaya. 63 calon pengurus OSIS ditempa dan dibekali beberapa materi antara lain kepemimpinan dan keorganisasian. Di sela-sela materi, pengurus OSIS tahun bakti 2018-2019 mengajak ke-63 peserta bermain untuk menumbuhkan rasa kompak, membuat yel-yel, dan lagu penyemangat LDKS.

Usai LDKS ruang, para calon pemimpin ini ditempa lagi dalam LDKS lapangan selama tiga hari mulai Rabu (18/9) hingga Jum’at (20/9) dan bertempat di Villa Pondok Claket Indah Claket, Pacet, Mojokerto. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan jiwa kepemimpinan di antara calon pemimpin organisasi siswa di MAN Kota Surabaya. Diharapkan dengan mengikuti acara ini akan tercipta jalinan persaudaraan di antara sesama warga Madrasah sekaligus sebagai ajang menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan sehingga akan tercipta generasi pemimpin bangsa yang cerdas dan bertanggung jawab.

LDKS lapangan ini diikuti oleh 63 calon pengurus osis, 18 pengurus osis tahun bakti 2018-2019, serta Bapak Ibu guru pendamping. Rombongan peserta berangkat menuju villa setelah apel pemberangkatan yang dipimpin langsung oleh Fathorrakhman selaku Kepala MAN Kota Surabaya. Sesampainya di villa, rombongan langsung melakukan check in dan bersiap untuk mengikuti upacara pembukaan dan jadwal pembekalan materi. Ada banyak materi yang disampaikan antara lain keOSISan, Dinamika kelompok, Tata krama dan akhlakul kharimah, Problem solving, dan Team work. Dan menariknya lagi adalah keikutsertaan mahasiswa PMPI dari UINSA Surabaya  dalam LDKS tahun ini. Mereka didapuk sebagai pendamping kegiatan dan pengisi materi dinamika kelompok.

Selain mendapatkan materi, para calon pengurus OSIS juga diberikan beberapa permainan yang berhubungan dengan materi yang disampaikan. Permainan ini bertujuan membangun team building, jiwa korsa, kebersamaan, dan tanggung jawab. Dan tak lupa, sebagai penutup adalah malam inagurasi. Setiap kelompok diharuskan membuat tampilan yang disuguhkan di malam inagurasi. Tepuk tangan, kekompakan, dan kebersamaan begitu terasa saat malam inagurasi. Semua peserta dan pendamping menikmati semua tampilan masing-masing kelompok.

Esoknya, para peserta LDKS harus berkemas untuk bersiap kembali ke Surabaya. Menurut Raynal salah satu peserta LDKS, kegiatan ini sangat bermanfaat. Melalui kegiatan ini dirinya dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta tanggung jawab. Secara keseluruhan materi-materi yang didapatkan membuat pribadinya menjadi lebih baik lagi. (AyuIsna-HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *