Memaknai Rasa Ikhlas dan Semangat Berbagi Melalui Berqurban di MAN Surabaya

Uncategorized
Selasa, 05 September 2017, 10:54
Kota Surabaya (MAN Surabaya) – Dalam  rangka merayakan hari idul adha 1438 H, civitas MAN Surabaya melaksanakan kegiatan penyembelihan dan pemotongan hewan qurban. Kegiatan yang penuh makna keikhlasan dan hikmah keimanan ini dilaksanakan pada hari tasyriq terakhir dan disaksikan oleh siswa-siswi MAN Surabaya.
Dari data yang diperoleh dari panitia qurban, MAN Surabaya tahun ini dapat mengumpulkan hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing.
Sayudi, ketua panitia penyembelihan hewan qurban, menyatakan bahwa kegiatan penyembelihan hewan qurban adalah kegiatan rutin tahunan di MAN Surabaya. Kegiatan ini merupakan wujud rasa ikhlas civitas madrasah untuk melaksanakan perintah Allah SWT. Kegiatan ini juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat berbagi pada yang kurang mampu. Dan pelaksanakan ibadah qurban di MAN Surabaya tahun ini lebih terasa istimewa karena pengumpulan hewan qurban lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Ia juga menjelaskan bahwa dana untuk membeli sapi dari iuran seluruh civitas madrasah sedangkan 6 ekor kambing berasal dari qurban siswa, guru dan stakeholder madrasah.
Pukul 07.00 WIB, dengan diiringi kumandang takbir, proses penyembelihan hewan qurban mulai dilaksanakan. Setelah melakukan penyembelihan, hewan qurban dipotong-potong dan dipacking ke dalam kantong-kantong kresek. Selanjutnya, petugas distribusi pun bertugas membaginya.
Mulai pukul 11.00 WIB, petugas distribusi yang terbagi menjadi bagian dalam dan luar mulai membagikan daging qurban tersebut. Petugas distribusi dalam membagikan daging qurban pada siswa yang mendapat kupon daging qurban, sedangkan petugas distribusi luar membagi daging qurban ke warga dhuafa sekitar madrasah dan panti asuhan.
Tepat pukul 14.30 WIB, pembagian daging qurban selesai dilaksanakan. Alhamdulillah kegiatan ibadah qurban di MAN Surabaya berjalan dengan lancar dan tertib. Semoga ibadah qurban yang dilaksanakan civitas MAN Surabaya diterima oleh Allah SWT. Aamiin. (Humas MAN Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *