E-learning Madrasah, Komitmen MAN Kota Surabaya Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Akademik

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 berdampak di semua sektor kehidupan termasuk sektor pendidikan. Pandemi ini menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan secara normal seperti biasanya. Namun demikian peserta didik harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran.

Menilik kondisi di atas, MAN Kota Surabaya berkomitmen kuat untuk tetap memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran peserta didik madrasah di masa Pandemi Covid-19 ini, baik pada pemberlakuan Masa PSBB maupun saat pelaksanaan New Normal di madrasah nanti. Pembelajaran dengan menggunakan media dalam jaringan (online) menjadi pilihan MAN Kota Surabaya dalam memberikan pelayanan pembelajaran yang berkualitas.

Pembelajaran online di MAN Kota Surabaya ini dilaksanakan sejak diberlakukannya  Work From Home (WFH) dan Learn From Home (LFH) bagi civitas madrasah. Pembelajaran yang normalnya dilaksanakan di kelas bergeser ke pembelajaran online dengan media yang berbasis koneksi internet. Demi memberikan pelayanan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik, selama tiga hari awal WFH(17/3 sampai 19/3) semua guru MAN Kota Surabaya mengikuti pelatihan e-learning madrasah, yaitu aplikasi gratis produk madrasah yang disediakan Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Kementerian Agama yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di madrasah agar lebih terstruktur, menarik, dan interaktif.

Bidang kurikulum MAN Kota Surabaya pun menyusun jadwal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) khusus masa pandemi. Selama masa pandemi covid-19, pembelajaran di MAN Kota Surabaya dilaksanakan dengan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yang telah diterbitkan Kementerian agama Republik Indonesia, dengan demikian pembelajaran madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan peserta didik, serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh peserta didik madrasah baik pada masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun pada saat penerapan new normal. Pada setiap harinya peserta didik hanya akan fokus pada  materi esensial dari 1 atau 2 mata pelajaran pasangan dari Mata Pelajaran Utama, Pengembangan Diri, Peminatan, ataupun lintas minat.

Aktivitas pembelajaran madrasah pada masa pandemi Covid-19 ini tetap berpedoman pada Kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/ 2020 yang akan berakhir pada  20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/ 2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020.

Fathorrakhman, selaku kepala MAN Kota Surabaya menyampaikan bahwa selama pandemi Covid-19 ini, melalui e-learning madrasah dirinya tetap bisa memantau proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh semua guru MAN Kota Surabaya sehingga proses pembelajaran di MAN Kota Surabaya tetap dapat berjalan secara efektif dan berkualitas. Hal ini sesuai dengan komitmen warga Madrasah untuk tetap memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran peserta didik madrasah di masa Pandemi Covid-19 ini, baik pada pemberlakuan Masa PSBB maupun saat pelaksanaan New Normal di madrasah.

“ Meskipun guru-guru kami WFH karena adanya pandemi, bukan berarti proses pembelajaran di MAN ini menjadi terhambat. Seminggu awal WFH kami memang harus bersusah payah untuk mampu menguasai e-learning madrasah, namun hasilnya kini kami dapat melaksanakan  proses pembelajaran menggunakan e-learning secara efektif dan optimal. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini yang dapat menunjang proses pembelajaran. Adanya berbagai menu di masing-masing akun guru antara lain menu rencana pembelajaran dapat menyebabkan proses pembelajaran menjadi terstruktur, belum lagi di bagian menu bahan ajar yang membebaskan guru-guru untuk mengupload bahan ajarnya dalam bentuk file, presentasi, bahkan video interaktif yang membuat proses pembelajarannya menjadi lebih menarik dan interaktif. Dari sisi peserta didikpun juga sebaliknya, mereka juga dapat mengirim hasil tugasnya dalam bentuk file, presentasi, dan video interaktif juga. Dan yang terpenting, semua proses pembelajaran itu dapat kami pantau karena e-learning menyediakan fasilitas supervisor. Dengan demikian kami dapat menjamin bahwa madrasah kami tetap memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran anak-anak MAN Kota Surabaya di masa pandemi ini, “ jelas Fathorrakhman.

Tak hanya proses pembelajaran, e-learning pun memfasilitasi kegiatan penilaian guru baik penilaian harian maupun penilaian semester. MAN Kota Surabaya pun menggunakan e-learning dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2019/2020 ini. Hal ini disampaikan oleh Enni Subchandini, wakil kepala madrasah bidang kurikulum. “ Untuk PAT tahun ini, MAN Kota Surabaya memanfaatkan e-learning. Dengan e-learning, masing-masing guru mata pelajaran dapat menginput soal sekaligus memonitor langsung pelaksanaan PAT saat jadwalnya diujikan. Begitu selesai ujian, hasilnya langsung dapat diunduh dalam kelompok di masing-masing kelas. Tidak hanya nilai hasil ujian saja, namun dilengkapi juga analisis butir soalnya juga. Alhamdulillah, selama PAT menggunakan e-learning kami tidak menemui kendala yang berarti,” urai Enni. (HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *