Akademik
MENGUPAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

MENGUPAS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

Bertempat di Aula MAN Kota Surabaya, hari Kamis tanggal 12 Mei 2022 diadakan pembinaan dengan tema “Mengupas Penerapan Kurikulum Merdeka di Madrasah” oleh Dr.H. Suwardi, M.Pd, Kasi Kurikulum pada Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Dirjen Pendis Kemenag RI. Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Trianto, M.Pd, Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur, Dr. H. Pardi, M.Pd.I Kepala Kantor Kemenag Kota Surabaya, Fatkhul Mubin, S.Pd, M.Pd.I Kasi Pendma Kemenag Kota Surabaya dan Drs. Aminatam, M.Pd, Pengawas Kemenag Kota Surabaya.

Acara dibuka oleh Dr. H. Pardi, M.Pd.I dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah Drs. Fathorrakhman, M.Pd selaku Kepala MAN Kota Surabaya. Dalam sambutannya Pak Fathor menyatakan bahwa pembinaan tentang kurikulum merdeka ini sangat penting sehingga semua guru diharapkan fokus untuk menyimak penjelasan dari narasumber, Selain itu beliau juga melaporkan jumlah siswa MAN yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi baik melalui SNMPTN, SNMPN, SPAN PTKIN maupun jalur Vokasi.

Dalam pembinaannya, Dr. Suwardi, M.Pd menegaskan bahwa madrasah akan diminati masyarakat karena mutunya. Oleh karena itu untuk mewujudkan Madrasah Unggul maka madrasah harus dikelola secara profesional, diberi ruang berinovasi dan berkreasi dalam mengelola pendidikan. Selain itu Guru diberi kesempatan dan dukungan untuk berkreasi dalam mengelola pembelajaran. Guru juga harus fokus dan totalitas mendampingi siswa. Beliau juga menyarankan untuk membuat Branding Madrasah, karena fungsi branding sebagai pembeda, promosi dan daya tarik serta membangun citra dan jaminan kualitas.

Untuk mewujudkan itu semua, MAN Kota Surabaya harus berani tampil beda dengan lembaga lain, berani melakukan modifikasi dalam pengembangan kurikulum operasional madrasah, buat terobosan strategi pembelajaran setiap mata pelajaran/rumpun mata pelajaran. Dan juga lakukan uji publik dengan melibatkan komite, orang tua dan perguruan tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published.