BIDANG SARANA PRASARANA

Uncategorized

BIDANG SARANA PRASARANA
    Sasaran dari program tahunan wakil kepala madrasah urusan sarana dan prasarana adalah untuk membantu sebagian tugas-tugas kepala madrasah dalam kelancaran kegiatan proses belajar mengajar di  Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Secara ringkas program yang dilaksanakan oleh wakil kepala Madrasah bidang sarana prasarana meliputi:

A.   PROGRAM UMUM
1.    Membantu tugas kepala sekolah di dalam penyelenggaraan kegiatan madrasah sehari-harinya terutama menyangkut urusan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.
2.    Menyediakan, mengatur, memelihara sarana dan prasarana sekolah dengan pelaksanaan kegiatan madrasah dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Tentu saja hal ini tidak lepas dari pengawasan.
3.    Mengupayakan kepada seluruh aparat penyelenggara madrasah (guru, karyawan,                 maupun siswa) akan pentingnya kesadaran diri untuk ikut memelihara keindahan dan kebersihan lingkungan madrasah sebagai unsur ketahanan sekolah.
4.    Memikirkan, mengusahakan sarana dan prasarana yang belum ada/diadakan serta mengganti memperbaiki sarana dan prasarana yang telah rusak.
5.    Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana madrasah.
6.    Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana madrasah
7.    Mengelola dalam pembiyaan alat-alat pengajaran
8.    Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana madrasah

B.   PROGRAM KHUSUS
Program khusus ini dilaksanakan secara rutin yang meliputi :
1.    Pemeliharaan kebersihan dan keindahan madrasah serta lingkungan secara teratur dengan meningkatkan tugas kerja karyawan.
2.  Menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan madrasah seperti alat tulis menulis serta kertas dan lain-lain.
3.  Mencatat dan mengawasi penggunaan sarana dan prasarana madrasah secara teratur agar setiap saat dapat diketahui.
4.  Pembinaan tenaga karyawan baik bagian kebersihan maupun bagian pemeliharaan sarana dan prasarana madrasah agar mereka sadar dan mampu meningkatkan partisipasi di dalam menunjang penyelenggaraan madrasah sesuai dengan tugasnya masing-masing.
5.  Mengikutsertakan pamong, karyawan serta siswa agar ikut memelihara sarana dan prasarana yang ada dimadrasah, begitu pula mengenai kebersihan serta keindahan madrasah dengan lingkungannya
6.  Mengkoordinir kebersihan ruangan kelas, ruang TU, ruang guru dan ruang kepala madrasah setiap hari.
7.  Mengkoordinir kebersihan halaman sekolah, kebersihan taman, kebersihan kamar kecil serta kebutuhan air kamar kecil setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *