Bedah KMA 183 dan Penyusunan Soal HOTS MGMP PAI dan Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kota Surabaya.

Kurikulum

Kota Surabaya (MAN Kota Surabaya) – Sabtu (15/2) hingga Minggu (16/2) MGMP PAI dan Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kota Surabaya melaksanakan kegiatan workshop Bedah KMA 183 dan Penyusunan Soal HOTS. Bertempat di aula madrasah dan aula gedung asrama MAN Kota Surabaya, workshop ini diikuti oleh guru-guru PAI dan Bahasa Arab dari 17 Madrasah Aliyah se-kota Surabaya.

Workshop ini menghadirkan dua widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya sebagai narasumber yaitu Musfiqon, dan Miftahus Sirojudin. Musfiqon memaparkan materi mengenai KMA 183 dan peningkatan kompetensi guru PAI dan bahasa arab, sedangkan Miftahus Sirojudin memaparkan materi tentang penyusunan PTK, penyusunan soal HOTS, dan RPP 1 lembar. Selain dua narasumber dari BDK Surabaya tersebut, turut pula guru PAI MAN Kota Surabaya, Mardwi Asdiyanto yang membagikan pengalamannya bagi rekan sejawatnya mengenai pembuatan soal berbasis on-line.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kakankemenag Kota Surabaya dan Kasi Pendma Kankemenag kota Surabaya. Dalam sambutannya, kakankemenag, Husnul Maram menyampaikan pesan khusus bagi semua guru PAI.

“ Dengan adanya radikalisasi akhir-akhir ini maka guru-guru PAI dan bahasa arab diharapkan menjadi ujung tombak untuk menangkal radikalisme itu. Para guru diharapkan menanamkan rasa nasionalisme dan akhlak untuk setiap siswanya sehingga tidak terpengaruh oleh radikalisme,” harap Husnul Maram.

Sedangkan Fathorrakhman, selaku kepala MAN Kota Surabaya berpesan mengenai kegiatan MGMP. “Saya berharap kegiatan-kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai di kegiatan ini saja. MGMP perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kontinu. Paling tidak satu bulan sekali ada kegiatan karena MGMP adalah forum guru, sehingga jika guru memiliki permasalahan tentang pembelajaran dapat segera teratasi,” harap Fathorrakhman. (HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *